..dari secarik kertas :-)
Wednesday, April 1, 2015
by
Air
on
2:41:00 PM
1 comment
Pada saat membuat suatu tabel di Ms. Excel yang berisi perhitungan dengan menggunakan banyak cell,
kita akan menemui suatu kondisi dimana satu cell berhubungan dengan cell yang lain.
Ms. Excel mempunyai fungsi “copy” formula cell untuk cell yang lainnya, proses “copy” bisa dilakukan dengan cara “drag” satu cell yang akan di “copy” baik ke bawah ataupun ke samping.
Pada saat “drag”, secara otomatis cell yang kita isi akan berisi sesuai dengan cell yang menjadi sumber dan akan mengikuti pola dari formula yang terdapat pada cell yang akan di copy.
Cell baru hasil dari “drag” akan berisi “
“Kolom (n+1), Baris (n+1)”
Cell Refference bisa dilakukan baik antar “Sheet” maupun antar “Workbook”
Relative Refference, maksudnya adalah disaat “drag” cell baik ke bawah (copy baris) ataupun ke samping ( copy kolom), maka cell yang menjadi target akan berisi formula “Kolom (cell n+1), Baris (cell n+1)”
Absolute Refference, maksudnya adalah disaat “drag” cell baik ke bawah (copy baris) ataupun ke samping ( copy kolom), maka cell yang menjadi target akan berisi formula “Kolom (cell n), Baris (cell n)”
Mix Refference, maksudnya adalah disaat “drag” cell baik ke bawah (copy baris) ataupun ke samping ( copy kolom), maka cell yang menjadi target akan berisi formula “Kolom (cell n+1), Baris (cell n)” atau bisa juga “Kolom (cell n), Baris (cell n+1)”
Contoh :
Keterangan :
Cell B6 s/d Cell B11 berisi angka yang menunjukan jarak (Dari Bandung)
Cell C5, D5 dan E5 berisi konsumsi BBM yang di perlukan sebuah mobil (Mobil-A, Mobil-B dan Mobil-C) untuk menempuh jarak sejauh 1Km
Cell B2 berisi harga BBM/Liter.
Tabel ini bertujuan untuk mengitung biaya yang diperlukan mobil untuk menuju ke kota tujuan, dimana perhitungan biaya secara otomatis akan berubah apabila harga BBM/Liter berubah (B2)
Proses perhitungan,
C6 = B6 * B2
C7 = B7 * B2
C8 = B8 * B2
dan seterusnya…….
Bila kita membuat formula pada cell C6 = (B6/C5)
Kemudian C6 kita copy untuk C7,…C11 maka akan menghasilkan :
Dapat kita lihat,
C7 = B7/C6
C8 = B8/C7
C9 = B9/C8
C10 = B10/C9
C11 = B11/C10
Sedangkan yang kita harapkan adalah :
C7 = B7/C5
C8 = B8/C5
C9 = B9/C5
C10 = B10/C5
C11 = B11/C5
(dimana ada cell yang tetap untuk setiap cell yaitu C5)
Maka disini kita perlu untuk mengunci cell C5 agar formula yang di copy ke cell lain C5 ini tidak akan berubah.
Untuk mengunci cell ini, kita gunakan notasi string di depan notasi Cell yang akan di kunci.
Penempatan tanda “$”
Keterangan gambar diatas :
Yang pertama “$C$5, artinya akan mengunci baik baris maupun kolom
Yang kedua “$C5, artinya akan mengunci kolom, dan baris tetap relative
Yang pertama “C$5, artinya akan mengunci baris dan kolom tetap relative
Menghitung Biaya BBM yang diperlukan
Saat angka harga BBM berubah, maka secara otomatis biaya yang diperlukan akan secara otomatis berubah.
Dan hasil akhirnya,
#Semoga bermanfaat…..
Categories:
Ms. Excel
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
Bermanfaat banget gan..nice sharing..lanjut gan
ReplyDelete